Logo
Logo
Login Guru
Username:
Password:

Chat Box

StephenEdurf03-12-2019
hi there I have just checked %domain% for the ranking keywords and to see your SEO metrics and found that you website could use a boost. We will improve
ThomasAnderson30-11-2019
Hello I invite you to my team, I work with the administrators of the company directly. - GUARANTEED high interest on Deposit rates - instant automatic pay
Busterinsit18-11-2019
Take part in the survey from TELEGRAM and get money from sponsors https://online2019.com/
Admin09-05-2019
@imronMaulana : sudah dimulai sejak bulan April 2019 sampai 31 Mei 2019 untuk gelombang 1, gelombang 2 akan dimulai tgl 1 Juni 2019 sampai dengan 28 Juni 2019
imron maulana01-04-2019
hallo Bapak/Ibu guru SMA N 1 Karangkobar, saya mau bertanya untuk pendaftaran siswa baru di buka mulai kapan nggih?
Faozan12-02-2019
perlu peningkatan prestasi. semangat terus untuk bapak dan ibu Guru. Terima Kasih atas ilmu yang diberikan.
Diena22-12-2017
Halo.. semua.... Tambah sukses!
Syauqi11-12-2017
Halo teman2
Admin18-10-2017
SMA N 1 Karangkobar semakin berkibar...
ZARIFA MYIESHA DZIKRI09-02-2017
Halo, semangat
Adi21-11-2016
Semangat belajarnya teman-teman
agus09-11-2016
sukses selalu untuk SMA N 1 Karangkobar
Indra03-11-2016
selamat pagi bapak ibu guru
Kode Captcha:
Cara Menghindari Kebiasaan Mencontek pada Anak

Kebiasaan mencontek perlu dicegah sejak dini. Karena kebiasaan ini tergolong pada kebiasaan buruk, yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah "cheating". Kebiasaan ini bisa menumbuhkan nilai-nilai ketidakjujuran atau jiwa berbohong pada diri anak. Agar kebiasaan ini tidak bertumbuh menjadi sifat buruk, disarakan kepada orang tua supaya melakukan hal-hal berikut ini:

1. Berpikir positifWalaupun mungkin Anda pernah menerima aduan dari wali kelas di tempat anak belajar, Anda harus tetap berusaha berpikir positif. Bagaimana pun anak-anak terkadang masih belum sadar akan apa yang ia perbuat. Jangan serta merta menghakimi anak dengan tuduhan pernah mencontek, karena hal ini bisa menyebabkan ia menjadi rendah diri.

2. Menjalin komunikasi dengan pihak sekolah / wali kelasTetaplah menjalin komunikasi yang baik dengan wali kelas. Bagaimana pun wali kelas adalah orang yang seharusnya paling memahami buah hati Anda. Jalinlah komunikasi dengan wali kelas perihal perkembangan buah hati Anda.

3. Memotivasi anakAnak yang terbiasa mencontek biasanya adalah anak yang khawatir dengan hasil yang akan dia peroleh. Ia khawatir akan mendapatkan nilai yang tidak baik, sehingga (mungkin) nantinya Anda akan marah padanya. Bila Anda adalah orang tua yang suka memarahi anak bila mendapatkan nilai yang tidak baik, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini. Karena hal ini bisa menyebabkan anak menjadi takut, dan bisa menghalalkan segala cara agar mendapatkan nilai yang tidak baik. Anda perlu lebih memotivasi anak daripada memarahi. Apa pun nilai yang diperoleh anak, tetaplah memberikan semangat kepada anak agar tetap rajin belajar. Jangan biarkan anak belajar karena ada rasa takut. Biarlah anak belajar dengan penuh suka cita dan hati yang tenang.

4. Mendampingi anak dan mencarikan guru lesDampingilah anak saat belajar. Hal ini akan sangat berguna agar Anda juga memahami kesulitan-kesulitan yang dialami anak di dalam studi mereka. Sehingga saat anak mendapatkan nilai yang tidak baik, Anda, sebagai orang tua, akan merasa bahwa anak bukanlah satu-satunya pihak yang patut dipersalahkan. Anda pun akan semakin tekun mengajari anak agar semakin memahami pelajaran yang diberikan di sekolah. Bila Anda tidak punya cukup banyak waktu untuk mendampingi anak dalam belajar, anda bisa mencarikan guru les untuk anak.

5. Menasihati anak tentang dampak negatif mencontekSebagai orang tua, Anda tentu memiliki waktu lebih banyak bersama anak. Anda lebih tau kapan anak sedang mengalami mood yang baik atau saat sedang mengalami mood yang tidak baik. Saat anak sedang dalam keadaan senang dan suasana santai, Anda bisa memberikan nasihat-nasihat yang positif kepada anak. Salah satunya adalah dengan menceritakan kepada anak tentang dampak negatif mencontek. Bila perlu, Anda juga bisa menggunakan media dongeng agar anak semakin merasa senang mendengar cerita Anda. Tanamkan di dalam hati anak adalah kejujuran adalah yang paling utama. Katakan pada anak bahwa apa pun hasil yang diperoleh anak, selama mengerjakannya dengan jujur, Anda akan menghargai usahanya.